Selasa, 25 September 2012

Harmonika


Apa sih menariknya alat musik harmonika??


sebagian orang sih berfikir harmonika lebih banyak digunakan oleh pengamen-pengamen saja karena alat musiknya nggak menarik. menurut saya itu salah, karena alat musik harmonika itu alat musik yang lumayan susah untuk di mainkan tapi memiliki nada-nada yang begitu merdu. selain itu harmonika juga alat musik yang praktis dan kecil , bawanya enteng bahkan bisa masuk dalam saku nggak kaya drum butuh beberapa orang untuk ngangkatnya, iyakan...??
Dan satu lagi, harmonika  harganya terjangkau, dibawah 100K saja ada, bahkan sudah terbilang kategori lumayan bagus.

Harmonika dapat digunakan untuk musik sederhana maupun musik yang kompleks, untuk memainkannya, kita meniup dan menghirup pada lubang-lubang harmonika. Harmonika punya banyak jenis : 

1. Harmonika Diatonic

Harmonika diatonic punya 10 lubang, dan harmonika ini punya modal Richter-tuned yang artinya memungkinkan kita untuk memainkan 1 kunci harmonika di beberapa chord yang berbeda. Biasanya dipakai untuk mengiringi jenis musik Blues, Country, dan Folk, tapi ga menutup kemungkinan juga bisa diterapkan ke Jazz ataupun Classic. Harmonika Diatonic juga memiliki kunci dasar yang berbeda-beda, ada yang berdasar pada kunci G, A, B, C, dll (biasanya tipe kunci dasar harmonika terlihat pada sisi kiri disamping lobang tiupan).
tapi pada umumnya yang paling sering digunakan untuk pemain harmonika awam itu dasar kuncinya C. (kaya punya saya, karena saya juga masih awam) seperti gambar dibawah :


susunan nadanya kaya gini (dasar C=lobang ke 4)



2. Harmonika Chromatic 
harmonica Chromatic terdiri dari 10, 12 bahkan 16 lobang dan yang membedakan dengan harmonika diatonic karena adanya pencetan yang terletak disamping kanan harmonika, Itu gunanya untuk menggeser slide penutup lobang yang ada dan menghasilkan nada-nada cres (#). Contohnya di lobang nomer 4 itu bunyinya C berarti kalo kita tekan tombol itu maka bunyinya bisa jadi C# atau Db. Biasanya dipakai buat mengiringi jenis musik Pop, jazz, dan Classic. contoh gambar ada dibawah ;




3. Tremolo dan Echo Harmonica

Echo dan Tremolo Harp, sebenarnya 2 jenis ini sama saja. memiliki ciri lobang yang bersusun dempet dan bodi yang panjang. Hal ini terjadi karena umumnya Harmonika jenis ini punya 12 semitone atau lebih yang bisa kita mainin. Fungsi dari harmonika jenis ini yah sesuai nama untuk memberi efek gema atau berulang pada nada yang kita mainkan. Biasanya untuk main Classic dan Harmonica Group bareng sama Chromatic dan Chord Harp di bawah , jarang banget dipakai buat solo. contoh harmonika kaya gambar dibawah :


untuk harmonika chromatic dan tremolo/echo harmonika saya tidak memberikan susunan nadanya karena saya juga nggak tau, hehehehe.. jadi buat master-master diharapkan berkomentar yah sekalian nambah ilmu buat penulis juga.

1 komentar:

gan ,, saya punya yg 16 lubang ,, tapi sayang bingung nadanya gan.. anda punya nadanya gak gan ???

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar! buka rahasia

Posting Komentar

berkomentarlah dengan sopan | kritik dan saran dibutuhkan

bagikan di teman :

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More