Rabu, 19 September 2012

cara membuat blog

kali ini saya menulis tentang bagaimana cara membuat blog dengan BLOGSPOT

kenapa saya memilih blogspot, yah karena penggunaan fitur-fitur tambahan di blogspot lebih mudah (menurut saya) dan satu hal yang pasti yaitu "saya taunya cuman pakai blogspot",, heheheheheh...

ok kita langsung saja ke TKP,,

pertama siapkan akun gmail, ini wajib karena untuk masuk di blogspot alamat email yang disetujui hanyalah gmail, mungkin karena yang sponsorin blogspot itu google kali yah.. "mungkin...."
kalau belum punya yah buat dulu, kalau belum tau yah baca dulu.. (cara membuat akun google)

yang kedua sholat malam dirikanlah....
bukan, itukan lagu...
yooop, langkah kedua buka alamat www.blogspot.com dan akan tampak seperti gambar dibawah ini :



masukkan alamat gmail dibagian kanan halaman.. (sepertinya cukup jelas seperti yang ditunjukkan gambar di atas). Maka akan muncul halaman notifikasi email (seperti gambar dibawah), pilih "lanjutkan ke blogger" dalam kolom berwarna orange dibagian bawah halaman.

setelah itu akan muncul halaman seperti gambar dibawah dan pilihlah "blog baru" seperti yang ada dalam kotak yang bertanda merah.


akan muncul halaman seperti gambar dibawah :

masukkan JUDUL kalian, judul yang dimaksud disini adalah nama halaman utama blog,  contoh di halaman blog saya memakai kata "Hokage YayArya". (seperti gambar dibawah)


lalu pilih alamat blog yang kalian inginkan, saya mengambil contoh  www.hokageyaya.blogspot.com sebagai alamat blog yang saya inginkan. cek ketersediaan alamat yang diinginkan tersebut, karena tidak semua nama alamat yang diinginkan disetujui oleh blogspot.
lalu pilih template atau sebut saja dengan kata tema untuk tampilan blog yang sudah disediakan oleh blogspot.

jika sudah, maka pilih "buat blog" yang ada di bagian bawah halaman. akan muncul halaman seperti gambar dibawah. ( judul blog yang saya pakai untuk gambar dibawah adalah coba2).
lihat kalimat dibawah Coba2 yang bertuliskan "Tidak ADA Entri. Mulai blogging!" pada gambar. Silahkan mengklik "Mulai blogging!

setelah memilih mulai blogging! seperti yang saya jelaskan diatas, maka tampilan halaman akan seperti gambar dibawah ini :
lihat tulisan poskan judul pada kolom putih gambar diatas. pilihlah judul untuk blog yang akan kalian tulis. lalu lihat kolom putih besar dibawahnya, itu adalah tempat untuk menulis blog.
adapun kegunaan kolom setelah kolom poskan judul yang bertulis :
"PUBLIKASIKAN" untuk membagi karya tulis kalian jika telah terisi dengan blog kalian.
"SIMPAN/KEMBALI KE DRAF" untuk menyimpannya jika belum selesai dan kalian belum mau membaginya.
"PRATINJAU" kalian juga bisa meninjau hasil karya tulis kalian sebelum dibagikan dengan pilihan kolom tersebut.
"TUTUP" jika kalian tidak ingin menyimpan perubahan yang kalian buat.

contoh hasil blog saya pada gambar dibawah : (yang dalam kolom merah adalah judul blog saya, dan yang dalam kolom biru adalah isi blog saya)

semoga mengerti dan selamat berkarya 

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar! buka rahasia

Posting Komentar

berkomentarlah dengan sopan | kritik dan saran dibutuhkan

bagikan di teman :

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More